Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sample text

Social Icons

Sample Text

Senin, 24 Juni 2013

Ingin Jadi MC ?

         Siapa yang tidak kenal dengan profesi MC, setiap acara pasti terdapat seorang MC untuk memimpin dan mengatur jalannya acara. Dan perlu diingat bahwa, MC selalu menjadi pusat perhatian dalam acara. Anda ingin jadi MC ? Takut tidak bisa ngomong didepan, malu, grogi, demam panggung ? Semua tidak perlu ditakutkan, karena semua orang bisa jadi MC ( Seperti yang disampaikan oleh mas Helmi,seorang MC ). Menjadi seorang MC, tidak harus berbakat tetapi lebih ditekankan pada latihan dan pengembangan potensi diri. Ada 2 poin yang perlu diperhatikan dalam menjadi MC yaitu Mental dan Hard Skill. Simak saja, penjelasan 2 poin dibawah.

          1. Mental
Menjadi seorang MC, diperlukan mental yang kuat. Kenapa ? karena seorang MC akan dituntut mampu bicara didepan khalayak umum. Tidak hanya bicara juga, tetapi membuat suasana hidup, jalannya acara dan pembawaan diri yang bagus. Mental ini, bisa didukung dengan Grooming yang bagus. Kenapa grooming mendukung mental ? ini berpengaruh pada kepercayaan diri, ketika seseorang berpenampilan menarik, maka akan menambah rasa percaya diri. So, latih mental Anda untuk siap tampil didepan khalayak umum.

          2. Hard Skill
Menjadi seorang MC, banyak sekali hard skill yang dibutuhkan. Hard skill ini akan sangat mendukung kemajuan seorang MC. Ingin tahu potensi tersebut, lagsung saja simak skill berikut :

     a. Know your self
 Pengenalan terhadap siapa diri kita sangat penting. Ini akan sangat penting untuk mengetahui potensi diri dan kelemahan diri. Seorang MC, harus bisa menunjukkan potensi dan menutupi dirinya. Karena prosesi seorang MC termasuk kedalam bidang entertaiment. Lihat potensi dan samarkan kekurangan dengan potensi.

     b.Latihan Maksimalkan
Seorang MC tingkat senior, pasti akan latihan untuk menyiapkan penampilannya di acara. Nah, untuk MC junior dan pemula, pastinya perlu latihan yang ekstra lebih, karena tingkat senior pun masih perlu latihan. Latihan ini akan mendorong dan mendongkrak kemampuan MC nantinya.

     c. Kenali Audiensi
Tak hanya acara yang wajib dikenali, seorang MC juga wajib mengenali siapa sudiensinya. Ini diperlukan untuk pembawaan suasana sewaktu jalannya acara. Pastinya juga terkait dengan interaksi MC dengan audiensi.


     d. Intonasi Suara
Intinya seorang MC, penekanan kata, tinggi-rendahnya suara, dan jeda antar kata harus jelas. Karena disinilah soorang MC, akan diuji kualitasnya.

   
e. Jadilah MC Smart
"We Have You Think When You Speak", seorang MC pastinya Smart. Setiap kali MC bercuap-cuap didepan, pastinya juga sedang memikirkan kata apa lagi yang akan diucapkan. Tidak lucu ketika seorang MC kehabisan kata. Maka oleh itu ketika MC sedang berucap, maka secepat ucapannya itu MC berfikir untk kata selanjutnya.


Pasti siapkan untuk profesi MC ? semua materi menjadi MC telah anda ketahui. So, tunjukkan jiwa MC Anda kepada dunia. Salam MC

0 komentar:

Posting Komentar